6 Tahap Persiapan Memulai Usaha Rumahan


Kondisi ekonomi yang semakin tidak stabil di masa pandemi ini memicu kreativitas banyak orang untuk mulai membangun usaha. Anda juga bisa segera memulai usaha rumahan sekarang juga. Bisnis seperti ini bisa dimulai dengan nilai modal yang tergolong ringan. Berikut adalah 6 tahap persiapan yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis rumahan.

1.                Tentukan Jenis Bisnis

Tahap pertama yang perlu Anda lalui adalah menentukan jenis bisnis yang akan dikelola. Bisnis seperti apa yang ingin Anda kembangkan? Ada banyak pilihan yang bisa diambil. Mulai dari bisnis kuliner, jasa, rental, laundry, dan masih banyak lagi pilihan bisnis lainnya. Tentu Anda harus menentukan jenis bisnis secara spesifik sebelum memulainya.

Mungkin tidak mudah untuk menentukan jenis produk yang akan dijual. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri, bidang bisnis apa yang Anda sukai. Lalu carilah banyak referensi dari media sosial. Temukan inspirasi bisnis yang sekiranya menguntungkan dan sesuai dengan minat Anda.

2.                Tetapkan Segmentasi pasar

Selanjutnya segera tetapkan segmentasi pasar. Anda harus menentukan siapa saja yang akan menjadi target konsumen Anda. Setiap jenis bisnis tentu memiliki segmentasi pasar masing-masing. Jika sudah tahu siapa saja target pasarnya maka akan jauh lebih mudah untuk mengembangkan bisnis tersebut. Langkah-langkah pengembangan bisnis bisa disesuaikan dengan target pasar Anda.

3.                Hitung Jumlah Modal

Sebelum memulai sebuah usaha rumahan tentu Anda harus mempersiapkan modal. Lakukan perhitungan modal terlebih dahulu secara teliti. Tentukan berapa banyak uang yang bisa Anda keluarkan sebagai modal. Tulis secara rinci berapa besar uang modal yang dimiliki lalu buatlah rencana pengeluaran. Tuliskan pengeluaran untuk memulai bisnis berdasarkan plot-plot kebutuhan.

Perhitungan modal ini sangat membutuhkan ketelitian. Anda juga harus disiplin dalam menetapkan plot-plot pembagian anggaran. Apalagi jika modal yang Anda miliki tidak begitu besar. Kedisiplinan dalam mengatur modal ini akan sangat menentukan kelancaran bisnis Anda.

4.                Tentukan Supplier

Langkah berikutnya silakan tentukan supplier yang akan memasok bahan baku produk yang akan Anda jual. Langkah ini dilakukan khusus untuk Anda yang menjalankan bisnis yang menjual suatu produk dan butuh bahan baku. Misalnya untuk bisnis kuliner, tentu Anda akan membutuhkan pihak supplier yang bisa menyediakan bahan baku berkualitas.

5.                Susun Strategi Marketing

Langkah berikutnya adalah menyusun strategi marketing. Tahap ini sangat penting dan akan berpengaruh besar pada perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Jika strategi marketing sudah tersusun dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mempopulerkan bisnis Anda tersebut.

Pilihlah apa saja tindakan yang akan Anda lakukan untuk memasarkan bisnis. Misalnya, Anda akan melakukan promosi lewat media online. Anda bisa segera membuat akun media sosial dan merencanakan konten-konten yang akan digunakan sebagai media promosi.

6.                Langsung Jalankan

Jika semua persiapan sudah dilakukan dan Anda memang merasa sudah siap maka jangan lagi menunda. Segera eksekusi ide bisnis yang sudah Anda rencanakan. Jalankan strategi yang sudah Anda susun agar bisnis rumahan tersebut bisa segera berjalan dan berkembang dengan pesat.

Bagi para pemula, memulai suatu bisnis mungkin terasa tidak mudah. Memang akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun tak perlu menakutkan hal-hal semacam ini. Segera jalankan saja jika memang sudah siap dan cobalah untuk terus belajar sembari mengelola bisnis tersebut.

Itulah tadi 6 tahap persiapan dalam memulai usaha rumahan yang dapat Anda lakukan. Persiapan yang matang tentu akan membuat bisnis Anda mudah berkembang. Salah satu persiapan yang juga bisa dilakukan adalah mengenal aplikasi Bukuwarung. Aplikasi ini akan membantu Anda melakukan pembukuan untuk usaha yang akan Anda jalankan.