5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe Berlebih


Rambut gatal bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya ketombe yang bisa mengakibatkan kerontokan karena terus menerus digaruk. Apabila dibiarkan tanpa ada penanganan, tentu dapat menyebabkan kebotakan sebagian. Oleh karena itu, simak informasi berikut mengenai cara mengatasi rambut rontok dan ketombe berlebih agar penampilan rambut tetap terlihat bagus dan sehat.

1.             Menggunakan Sampo Anti Ketombe

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih sampo yang dikhususkan untuk menghilangkan ketombe. Pasalnya sampo yang dibuat untuk menghilangkan ketombe mengandung bahan selenium atau zinc. Oleh karena itu, saat Anda membeli sampo baik di supermarket maupun di tempat lainnya, harus teliti dan melihat komposisi sampo yang ada di balik kemasan.

2.             Menggunakan Minyak Pilihan

Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri untuk perlindungan rambut. Banyak khasiat dari penggunaan minyak kemiri untuk rambut. Salah satunya untuk mengatasi ketombe. Hal ini dikarenakan dalam minyak kemiri mengandung asam linoleat yang berperan sebagai anti radang yang meredakan peradangan yang terjadi pada kulit kepala akibat penggarukkan yang berlebihan. Sedangkan untuk mengatasi kerontokan rambut, Anda bisa menggunakan rosemary dan peppermint oil. 

3.             Menggunakan Kondisioner

Salah satu fungsi dari penggunaan kondisioner adalah menjaga kecantikan rambut seperti tetap terlihat hitam berkilau maupun selalu terlihat lurus. Ternyata penggunaan kondisioner juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Pasalnya, kondisioner dapat melindungi rambut terutama setelah menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kondisioner dengan mengaplikasikannya pada rambut.

4.             Menggunakan Serum

Perlindungan rambut agar lebih sehat juga bisa dilakukan dengan cara menambahkan serum. Pasalnya, di dalam serum mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat membantu dan melindungi kesehatan rambut. Misalnya ada kandungan biotin yang digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Apabila Anda ingin mencari serum, lihatlah dalam kemasan mengenai komposisi vitamin H atau vitamin B7 karena biotin biasa dikenal sebagai vitamin tersebut. Selain ada kandungan biotin, serum juga mengandung vitamin D, zinc, protein khusus rambut, asam lemak omega 3, asam folat dan minyak esensial.

5.             Melakukan Perawatan

Salah satu cara mengurangi ketombe dan rambut rontok adalah melakukan perawatan dengan baik dan benar. Salah satunya adalah menghindari penggunaan pewarna rambut yang mengandung bahan-bahan tidak aman terhadap rambut.

Selain itu, Anda bisa mengganti sampo yang biasanya dipakai dengan sampo yang memiliki bahan lembut dan aman untuk rambut maupun kulit kepala yang sensitif. Jangan lupa untuk merenggangkan ikat rambut agar akar rambut tidak terasa tertarik.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara mengatasi rambut rontok dan ketombe yang berlebih. Apabila kerusakan pada rambut sangat parah atau ketombe susah dihilangkan, Anda bisa langsung konsultasikan dengan tenaga medis terkait penanganan lebih lanjut.