Pediasure, Susu atau Suplemen Makanan?



Banyak para orang tua yang mengeluhkan anaknya susah sekali makan. Padahal usia anak sudah memasuki 1 tahun ke atas. Solusinya, Anda bisa menggunakan susu sebagai nutrisi tambahan makanan. Salah satunya adalah susu Pediasure. Mengetahui ini, Anda bisa memborong susu ini jika ada promo Pediasure. Tapi apakah benar susu ini bisa mengganti nutrisi makanan. Ini dia informasi lengkapnya.

Penggunaan

Pada awalnya susu ini memang diformulasikan khusus untuk anak yang mengalami masalah terhadap nafsu makan. Pihak produsen membuat menjadi 2 produk. Yaitu Pediasure Complete Triplesure dan Pediasure Triplesure.

Pada produk yang pertama, Complete Triplesure, ditujukan kepada anak yang mengalami kesulitan makan. Sehingga hal ini dapat berimbas pada berat badan dan tinggi badan anak. Apabila Anda mengetahui hal ini terjadi pada anak, ada baiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Anda juga bisa sharing mengenai pengkonsumsian susu ini kepada anak.

Sedangkan pada produk kedua, yaitu Pediasure Triplesure, ditujukan hanya kepada anak sebagai pemberian dan menjaga asupan nutrisi makanan. Jadi, pada susu ini, fungsinya sebagai pengimbang dan pendukung tambahan dari nutrisi makanan. 

Penyajian

Apabila Anda ingin memberikan susu Pediasure ini kepada anak, pastikan Anda mencuci tangan Anda. Bersihkan juga gelas atau botol susu yang akan dipakai anak. Jika sudah, Anda bisa siapkan air hangat yang telah direbus hingga mendidih.

Setelah itu, Anda bisa mencampurkan bubuk susu secukupnya atau sesuai dengan takaran yang anak Anda konsumsi dengan air yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan Anda menggunakan sendok penakar yang telah tersedia di dalam kemasan susu Pediasure ini. Setelah itu, aduk hingga rata atau Anda juga bisa mengocok jika menggunakan botol susu. 

Penyimpanan

Apabila Anda telah selesai membuatkan susu kepada anak, pastikan Anda menyimpan susu dalam kemasan yang baik. Pastikan Anda menyimpan susu Pediasure ini pada suhu ruangan. Jangan lupa untuk menjauhkan kemasan susu dari cahaya langsung sinar matahari.

Jauhkan juga dari tempat yang lembap. Jangan pula disimpan di kamar mandi dan di freezer untuk dibekukan. Anda juga bisa menjauhkan semua obat-obatan dari kemasan ini dan juga dari jangkauan anak-anak. Perhatikan instruksi lebih lengkap pada kemasan produk susu atau bisa juga tanyakan pada apoteker terdekat.

Apabila Anda menjumpai bubuk susu sudah menggumpal, jangan dipakai lagi. Lebih baik buang saja. Jangan pernah menyiram segala bentuk susu Pediasure ke dalam toilet. Baik dalam bentuk serbuk atau cairan kecuali ada instruksi pada kemasan. Anda juga bisa mengkonsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal terkait mengenai cara aman membuang produk.

Peringatan

Sebelum menggunakan dan memberikan susu Pediasure, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, Anda harus selalu mengkonsultasikan kepada dokter atau ahli gizi terhadap kebutuhan nutrisi ataupun kondisi kesehatan anak Anda. Apakah anak Anda membutuhkan susu ini atau tidak. Kedua, Anda harus memahami kondisi kesehatan anak Anda dengan baik dan benar. 

Pasalnya, susu Pediasure ini tidak cocok pada anak yang mengalami kondisi galaktosemia, intoleransi laktosa kronis, atau alergi susu. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwasannya kondisi anak Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan lain. Misalnya kacang atau gula yang terkandung didalam susu Pediasure ini. Jangan menggunakan susu ini sebagai faktor utama untuk menambahkan nutrisi pada anak. 

Ada baiknya Anda menggunakannya sebagai faktor pendamping untuk makanan utama anak. Apabila Anda hendak menambahkan berat badan pada anak, Anda bisa memberikan susu ini yang diimbangai dengan makanan utama dan makanan lain yang kaya akan kalori dan lemak. Berikutnya hal yang tidak boleh dilakukan adalah jangan pernah menghangatkan susu ini dengan microwave.

Efek Samping

Tidak ada efek khusus yang ditimbulkan dari penggunaan susu ini. Apabila terjadi efek khusus yang terjadi dan tidak diinginkan, Anda harus segera konsultasi ke dokter atau tenaga medis lainnya sebelum memulai pengobatan. Namun, tidak menutup kemungkinan, efek samping bisa terjadi pada anak yang memiliki alergi susu, galaktosemia, atau intoleransi laktosa. 

Efek samping itu bisa diare, mual, muntah, kram perut,perut kembung, mudah rewel, penurunan berat badan drastis, kulit dan mata menguning (jaundice) bahkan yang parah sampai kejang. Jika hal ini sudah terjadi secara akut, Anda bisa langsung menuju ke rumah sakit atau menghubungi dokter Anda.
Demikian informasi mengenai produk susu ini. Saat ada promo Pediasure, jangan gegabah untuk memberikan susu ini kepada anak. Anda harus mengetahui betul mengenai kondisi kesehatan anak Anda. Apakah mengidap kondisi tertentu atau tidak. Pastikan selalu Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.